Inspirasi Barbie Berhijab Ternyata Datang dari Atlet Anggar Amerika Serikat Ini

By Doddy Wiratama - Rabu, 15 November 2017 | 15:17 WIB
Atlet anggar Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad, saat menunjukkan boneka Barbie berhijab yang akan dirilis 2018. (Instagram.com/ibtihajmuhammad)

Nama Barbie sudah dikenal sebagai salah satu boneka atau mainan paling populer dan legendaris di seluruh dunia.

Barbie yang pertama kali diperkenalkan pada Maret 1959 dikabarkan akan meluncurkan jenis boneka terbaru pada 2018.

Mattel (perusahaan mainan yang memproduksi Barbie) akan meluncurkan boneka Barbie pertama di dunia yang menggunakan hijab.

Ide Barbie berhijab ini ternyata diinspirasi oleh atlet anggar putri asal Amerika Serikat bernama Ibtihaj Muhammad.

Ibtihaj Muhammad tercatat sebagai atlet putri Amerika Serikat pertama yang berkompetisi di Olimpiade dengan menggunakan hijab.

Bahkan pada Olimpiade Rio 2016, perempuan berusia 31 tahun itu berhasil meraih medali perunggu pada anggar nomor sabre beregu.

(BACA JUGA : Keseruan LeBron James dkk Menghindari Kemacetan New York dengan Subway)

Ibtihaj Muhammad yang dianggap sebagai simbol keragaman dan toleransi di Amerika Serikat pun diabadikan menjadi salah satu figur penting di Barbie.

Karakter Barbie perempuan kelahiran New York ini dimasukkan dalam kategori Shero, akronim dari she (dia perempuan) dan hero (pahlawan).

Boneka Barbie spesial ini pertama kali dperkenalkan kepada publik oleh Ibtihaj Muhammad pada acara Glamour 2017 Women of the Year Summit.

"Saya bangga bisa melihat anak perempuan di seluruh dunia saat ini bisa memainkan Barbie yang menggunakan hijab," ujar Ibtihaj Muhammad dikutip BolaSport.com dari akun twitternya.