Meski Dikritik Banyak Pihak, Pelatih Timnas Italia Tetap Dukung Penggunaan VAR

By Putra Rusdi Kurniawan - Senin, 2 Oktober 2017 | 23:49 WIB
Ekspresi pelatih tim nasional Italia, Gian Piero Ventura, saat memperhatikan pemainan timnya menghadapi Liechtenstein dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Dacia Arena, Udine, Italia, pada 11 Juni 2017. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Pelatih timnas Italia, Giampiero Ventura, menganggap penggunaan Video Assistant Referre (VAR) akan banyak membantu sepak bola Italia.

Musim ini Liga Italia mulai menggunakan VAR untuk membantu wasit mengambil keputusan.

Ventura mendukung penuh penggunaan VAR di Liga Italia.

"Saya mendukungnya, sampai kemarin. Hal itu memecahkan banyak masalah dan menghilangkan banyak kontroversi," ujar Ventura dilansir dari Sky Sports.

Namun, Ventura juga mengatakan, ini butuh waktu untuk membuat para pelaku sepak bola di Italia terbiasa dengan penggunaan teknologi baru ini.

Penggunaan VAR sendiri saat ini justru mengundang banyak kritik.

(Baca Juga : Ditolak Juventus, Gelandang Barcelona ini Berpotensi ke Manchester United )

Terakhir adalah pelatih Juventus, Masimilliano Alegri yang menganggap penggunaan VAR seharusnya untuk situasi yang objective seperti offside dan tendangan bebas, bukan untuk mengambil kebijakan yang subjektif seperti tendangan penalti.

Bahkan mantan pemain Juventus, Massimo Mauro, berpendapat bahwa VAR sebaiknya dihapus dari Liga Italia.

"VAR adalah sebuah lelucon dan apa yang Anda lihat di TV adalah fiksi dibandingkan dengan apa yang terjadi di lapangan. Jika Anda berduel untuk menarik atau menarik baju pemain, wasit bisa langsung mengambil keputusan."

"Akan lebih baik untuk menghapus VAR, karena sudah diletakkan di tangan otoritas yang tidak mengerti sepak bola. Satu-satunya hal yang masuk akal adalah teknologi garis gawang," ujar Mauro dilansir BolaSport.com dari SkySport