Bukan Ciro Immobile, Ini Pemain Lazio Pemilik Hat-trick Tercepat Liga Italia Sepanjang Masa

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Minggu, 10 September 2017 | 23:15 WIB
Aksi striker Lazio, Ciro Immobile, merayakan gol ke gawang AC Milan dalam partai Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, 10 September 2017. (VINCENZO PINTO / AFP)

Ciro Immobile berhasil mencetak tiga gol dalam waktu 10 menit saat Lazio bertemu dengan AC Milan pada lanjutan laga Liga Italia, Minggu (10/9/2017).

Ciro Immobile berhasil membobol gawang Milan yang dijaga Gianluigi Donnarumma pada menit ke-38', 42', dan 48'.

Tapi, ternyata torehan pemain timnas Italia ini bukan menjadi yang tercepat dalam sejarah penyelenggaraan Liga Italia.

Rekor pencetak hat-trick tercepat sejak musim 1974-1975 dipegang oleh mantan pemain Lazio yang pindah ke AS Monaco pada bursa transfer musim panas lalu, Keita Balde Diao.

Keita berhasil mencetak trigol dalam waktu lima menit kala Lazio menang telak 6-2 atas Palermo pada musim 2016-2017.

Ia mencetak tiga gol melalui sontekan pada menit ke-21, kemudian mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-24, dan melengkapi gol untuk mencetak hat-trick pada menit ke-26.

(Baca Juga: Kepak Sayap Kupu-kupu Ricardo Gareca untuk Argentina)

Pemain asal Senegal tersebut berhasil merebut rekor pencetak hat-trick tercepat di milenium ketiga dari tangan legenda Milan, Andriy Shevchenko.

Shevchenko sebelumnya mencatat trigol tercepat dalam tujuh menit saat Milan menang atas Perugia pada tahun 2000.

Shevchenko juga menjadi pemain yang terakhir mencetak hat-trick pada laga Lazio melawan AC Milan sebelum Immobile melakukannya pada pertandingan tadi.

Adapun rekor hat-trick tercepat absolut di Serie A masih tercatat atas nama Valentino Mazzola untuk Torino pada 1947 (2 menit).