Kalahkan Swiss, Swedia Akhiri Penantian 60 Tahun

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 4 Juli 2018 | 00:39 WIB
Selebrasi penyerang timnas Swedia, Emil Forsberg, seusai berhasil mencetak gol ke gawang Swiss dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Saint-Petersburg, Rusia, pada Rabu (3/7/2018). (GIUSEPPE CACACE/AFP)

Kemenangan 1-0 atas Swiss sudah cukup untuk membawa Swedia melaju ke perempat final Piala Dunia 2018. Prestasi tersebut seperti mengobati penasaran Swedia selama 60 tahun.

Swedia lolos setelah menang 1-0 pada pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia melawan Swiss di Stadion St.Petersburg, Rusia, Selasa (3/7/2018).

(Baca Juga: Jalan Lapang Harry Kane Cs Lampaui Prestasi Terbaik Generasi Emas Inggris di Piala Dunia)

Gol Emil Forsberg pada menit ke-66 bertahan hingga menit akhir untuk memastikan kelolosan tim asuhan Janne Andersson tersebut.

Keberhasilan Swedia ini jadi momen bersejarah bagi Swedia.

Sebab, kemenangan atas Swiss menjadi kemenangan pertama mereka pada fase gugur Piala Dunia yang berlangsung di Eropa sejak 60 tahun.

Kemenangan Swedia di tanah Eropa pada fase gugur Piala Dunia terakhir kali terjadi pada 1958, saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi tersebut.

Swedia kala itu menang 3-1 atas Jerman pada babak semifinal.

Mereka memang pernah lolos ke babak perempat final pada Piala Dunia 1994. Namun, turnamen itu tidak terjadi di tanah Eropa, melainkan di Amerika Serikat.

Emil Forsberg dkk akan bertemu pemenang partai Inggris versus Kolombia pada partai perempat final, 7 Juli 2017.