Karolina Pliskova Harus Tetap Waspada di Puncak

By Doddy Wiratama - Senin, 24 Juli 2017 | 16:45 WIB
Petenis Republik Ceska, Karolina Pliskova, mengembalikan bola saat menjalani pertandingan melawan Caroline Garcia (Prancis) pada babak perempat final turnamen Prancis Terbuka di lapangan Philippe Chatrier, Stade Roland Garros, Paris, Rabu (7/6/2017). Pliskova menang 7-6(6), 6-4. (FRANCOIS XAVIER MARIT/AFP PHOTO)

Senin (17/7/2017), Women's Tennis Association (WTA) merilis daftar peringkat petenis wanita dunia. Karolina Pliskova diumumkan menjadi pemuncak dari tabel rangking tersebut.

Karolina Pliskova berhasil menggeser posisi petenis asal Jerman, Angelique Kerber, yang sebelumnya menempati posisi nomor 1 selama sembilan minggu.

Keberhasilan Karolina Pliskova menjadi petenis wanita nomor 1 dunia tidak lepas dari hasil baik yang didapat dalam beberapa turnamen.

Petenis kelahiran 21 Maret 1992 ini mendapatkan 780 poin tambahan saat menjadi semifinalis Roland Garros. Karolina juga memperoleh 470 poin saat menjuarai turnamen di Eastbourne.

Petenis kelahiran Louny, Republik Ceska, ini memuncaki rangking WTA dengan raihan 6.855 poin.

Pencapaian wanita berusia 25 tahun itu mengalahkan perolehan Simona Halep (6.670 poin) di peringkat dua dan Angelique Kerber (5.975 poin) di tempat ketiga.

Meskipun sudah menjadi petenis wanita nomor 1 dunia selama dua minggu, namun posisi Karolina Pliskova belum aman.

Berdasarkan data yang dihimpun tim BolaSport.com melalui situs resmi WTA, total nilai yang dikumpulkan Karolina Pliskova hanya berjarak 185 poin dari Simona Halep.

Simona Halep berhasil memperkecil jarak ketertinggalan dari puncak rangking WTA berkat penampilan di turnamen Wimbledon. Petenis asal Rumania berhasil menembus babak perempatfinal dan memperoleh 430 poin tambahan.

Sementara itu, Karolina Pliskova tampil mengecewakan di Wimbledon. Langkah Karolina terhenti di putaran kedua dan hanya memperoleh 70 poin.