Menpora: Bonus Atlet Tak Bisa Terus Hanya Mengandalkan APBN

By Imadudin Adam - Kamis, 31 Agustus 2017 | 15:46 WIB
Menpora Imam Nahrawi mengunjungi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (8/8/2017) (instagram/radotvalent)

Menpora Imam Nahrawi meminta agar para atlet sabar dalam menunggu bonus hingga cair.

Menpora mengatakan bahwa atlet harus bersabar karena bonus menggunakan uang APBN.

Bahkan Menpora mengatakan tidak bisa terus menerus mengandalkan APBN untuk memberikan bonus pada para atlet.

Baca juga: Harap Sabar! Jadi Begini Siklus Pencairan Dana SEA Games 2017 Hingga ke Tangan Atlet

Ketika bicara dana APBN, sudah barang tentu ketaatan kepada aturan dan hukum menjadi bentuk kehati-hatian kita semua dan sering menjadi perlambatan pencairan, sementara pendanaan olahraga perlu fleksibilitas yang tinggi seperti dikutip Bolasport.com dari Kemenpora.go.id.

"Ketika dana APBN, semua pihak termasuk atlet harus mengikuti aturan dan koridor  hukum yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Menpora.

"Saya mengambil kebijakan, terobosan baru, kita punya lembaga pendanaan khusus olahraga, disitu ada partisipasi BUMN dan masyarakat sebagai dana non APBN yang dapat digunakan untuk mendanai atlet-atlet tanpa harus melalui prosedur seperti APBN, diharapkan bisa lebih cepat," tambah Menteri asal Bangkalan ini.

Untuk menunjang prestasi juga diperlukan kesempatan latihan-latihan yang lebih banyak. "Untuk persiapan Asian Games nanti, saya buat terobosan baru, atlet Asian Games kita camp-kan di luar negeri sepanjang waktu yang ditentukan," tutupnya.