Imbas Menurunnya Prestasi Indonesia di SEA Games 2017 Semakin Terasa, 5 Terobosan Ini Bakal Diterapkan

By Susi Lestari - Rabu, 6 September 2017 | 20:20 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bebicara dengan Menpan-RB Asnan Abnur, di Kantor Kemenpan-RB, Selasa (5/9/2017). (KEMENPORA)

Menurunnya prestasi olahraga Indonesia pada multi-event, khususnya SEA Games Kuala Lumpur 2017, menjadi perhatian banyak pihak, termasuk pemerintah.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) pun mulai mencari jalan keluar untuk memperbaiki prestasi Indonesia.

Dilansir BolaSport.com dari akun Twitter @imam_nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi menyebutkan lima terobosan yang akan diterapkan pemerintah untuk memperbaiki prestasi olahraga Indonesia.

Lima terobosan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Melakukan rapat koordinasi dengan pimpinan cabang olahraga seperti Satlak Prima KONI, KOI, dan CDM untuk membahas rapat evaluasi SEA Games 2017.

2. Perbaikan organisasi terkait prestasi olahraga akan segera dilakukan. Pemerintah akan membuat koordinasi agar tidak tumpang tindih dan juga memutus kebuntuan.

3. Pemerintah akan mewajibkan pelatnas cabang olahraga menggunakan sarana pasca-PON untuk memudahkan koordinasi, logistik, sekaligus menciptakan lingkungan unggul bagi atlet.

4. Akan dilakukan terobosan pendanaan olahraga yang bersumber dari non-APBN seperti CSR/BUMN dan bentuk donasi lainnya.

5. Realisasi bonus bagi peraih medali emas menjadi PNS melalui formasi khusus.