Fakta Menarik Puncak Haornas, Menpora Satukan Tanah dan Air di Magelang

By Fallen Oktafian - Sabtu, 9 September 2017 | 15:28 WIB
Menpora Imam Nahrawi dan Walikota Magelang Sigit Widyonandito melakukan simbolis penyatuan tanah dan air pada puncak perayaan Hari Olahraga nasional di Magelang (9/9/2017) (kemenpora.go.id)

Pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi dan Walikota Magelang Sigit Widyonandito secara simbolis menyatukan elemen tanah dan air yang berasal dari lebih 90 Kabupaten di Indonesia. 

Acara simbolis penyatuan elemen tanah dan elemen air dilakukan dalam puncak rangkaian acara Haornas 2017 yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah Jumat (8/9/2017).
 
Dilansir dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, diketahui acara puncak juga diisi dengan agenda pemukulan kentongan.
 
Menariknya, air dan tanah yang digunakan dalam acara tersbut merupakan air yang diambil dari 90 Kabupaten yang dipercaya sebagai tempat agung di Indonesia.
 
"Haornas sudah tersebar dari beberapa bulan yang lalu dan malam ini kita menyatukan tanah dan air yang diambil dari tempat agung di sekitar 90 kabupaten di Indonesia," kata Imam Nahrawi.
 
Berikut beberapa foto mengenai acara puncak Haornas dilansir dari instagram pribadi Imam Nahrawi.
 
 
Perayaan puncak Haornas ini merupakan puncak acara yang diisi dengan acara simbolis dengan latar budaya dan kearifan lokal yang hidup di Masyarakat, acara kemudian dilanjutkan dengan pentas Wayang Kulit oleh dalang Waseno Slank.