Piala Menpora Berakhir, 40 Nama Pemain Dipanggil untuk Seleksi Timnas Pelajar U-15

By Ilyas Listianto Mujib - Senin, 11 September 2017 | 08:37 WIB
Salah satu pertandingan di Piala Menpora U-14 yang berlangsung di Magelang, Jawa Tengah. (FERNANDO RANDY/BOLASPORT.COM)

 Setelah Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) Piala Menpora kategori U-14 berakhir kemarin (9/9/2017), tim talent scouting telah memilih pemain-pemain terbaik untuk mengikuti seleksi guna mengisi skuat Timnas Pelajar Indonesia U-15.

Seluruh pemain yang dipilih merupakan hasil pemantauan dari talent scout yang diisi oleh mantan pemain timnas yaitu, Rully Nere, Firman Utina, Zulkarnain Lubis, Adrian Mardiansyah, Indrianto Nugroho, Donny Latuperissa, Rudi Wiliam Keltjes cs.

Tim talent scouting yang diwakili oleh Rully Nere, mengaku sudah mengantongi setidaknya 40 nama pesepak bola belia yang berhak mengikuti Seleksi perdana Oktober 2017 mendatang.




Menurutnya, ajang kompetisi seperti Piala Menpora ini dapat memudahkan pemandu bakat untuk melihat pemain berbakat dari seluruh penjuru negeri.

“Saya pun berharap di era mendatang, seleksi pemain akan diadakan melalui scouting pemain dari kompetisi yang berjenjang dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional seperti ini," kata Rully.

(Baca Juga: Selain Jajal Ban Baru, Lewis Hamilton Juga Akan Menjajal Sirkuit yang Comeback untuk Musim 2018)

Mantan pemain timnas Indonesia era-80an ini melanjutkan, nantinya para pemain yang lolos seleksi nasional tahap pertama akan mengikuti Training Camp (TC) jangka panjang.

“Promosi degradasi tetap dijalankan dalam tahapan ini, jadi pemain harus terus menunjukan kemampuan terbaiknya selama mengikuti program TC tersebut, misalkan pemain tersebut sakit atau tak bisa meningkatkan performanya dan indispliner mereka bisa terdepak,” ujar Rully Nere kepada BOLA.

(Baca Juga: Meski Jago, Kiper Manchester United Ini Tak Menguntungkan secara Finansial)

Rencananya dalam satu minggu kedepan pemain-pemain yang terpanggil sudah diumumkan, hal itu agar para pemain bisa segera melakukan persiapan sebelum TC jangka panjang nanti.

Di tahun 2018 nanti, Timnas Pelajar U-15 ini akan mengikuti dua ajang bergengsi, yaitu kompetisi Internasional di Barcelona pada bulan Maret daan Piala Pelajar Asia di Thailand bulan November mendatang.