Arsitek Ragukan Sirkuit Palembang Akan Siap Gelar MotoGP Musim Depan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 19 September 2017 | 16:03 WIB
Rancangan sirkuit balap baru di kota Palembang, Sumatera Selatan. (ISTIMEWA)

Perancang Sirkuit Balap Palembang, Hermann Tilke, meragukan jika sirkuit tersebut akan siap menggelar balapan MotoGP tahun depan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, optimis pembangunan sirkuit MotoGP di Palembang bisa segera diselesaikan dan pihaknya saat ini sedang melakukan seleksi investor.

Sirkuit tersebut akan berada di kompleks Jakabaring Sport City yang juga merupakan proyek percontohan pengembangan sport tourism Indonesia.

Lahan seluas 120 hektar di Jakabaring Palembang sudah disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk tempat pembangunan sirkuit MotoGP tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BolaSport.com dari Crash, Hermann Tilke justru mengungkapkan jika sirkuit tersebut baru siap untuk menggelar balapan MotoGP pada tahun 2019.

(Baca Juga: Valentino Rossi Akan Tentukan Ikut MotoGP GP Aragon pada Hari Rabu )

"Entah itu benar-benar terjadi pada 2019 atau 2020, saya tidak bisa mengatakannya. Tapi dari pihak kita sebagai pembangun, 2019 adalah (target yang) realistis," ujar pria yang juga dikontrak untuk membangun sirkuit tersebut.

Andai sirkuit tersebut baru selesai pada tahun 2019 maka penggemar MotoGP di Indonesia harus siap-siap gigit jari dan menunda impiannya untuk kembali melihat Valentino Rossi membalap di Indonesia.

Terakhir kali Indonesia menggelar balapan MotoGP adalah pada tahun 1997 di Sirkuit Sentul.

Kala itu Valentino Rossi masih turun di kelas 125 cc dan memenangi pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Sentul.