Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017, Begini Komentar Menpora

By Susi Lestari - Sabtu, 23 September 2017 | 14:15 WIB
Tim lari estafet meraih medali emas pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. (MEDIA CDM APG)

Kontingen Indonesia memastikan diri  keluar sebagai juara umum dalam gelaran ASEAN Para Games 2017

Kepastian terebut diperoleh pada Jumat (22/9/2017), setelah tim Merah Putih mendapatkan tambahan emas dari cabang olahraga Para bulu tangkis yang membuat Indonesia semakin kokoh di puncak.

Hingga hari terakhir penyelenggaraan ASEAN Para Games 2017 pada Sabtu (23/9/2017), total Indonesia telah meraih 251 medali dengan rincian 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Raihan Indonesia sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh pesaing terdekatnya, tuan rumah Malaysia yang duduk di peringkat 2.

Malaysia berhasil mengumpulkan 90 medali emas, 85 perak, dan 84 perunggu selama 1 minggu penyelenggaraaan ASEAN Para Games 2017.

(Baca juga: Membanggakan! Indonesia Berhasil Raih Gelar Juara Umum ASEAN Para Games 2017)

Setelah Indonesia dipastikan menjadi juara umum, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi memberikan apresiasi.

"Alhamdulilah, Indonesia juara. Kita berhasil mencapai misi utama kita dalam ASEAN Para Games 2017 dengan merebut kembali takhta sebagai juara umum," kata Imam Nahrawi dilansir BolaSport.com dari Kemenpora.

Imam Nahrawi menambahkan kemenangan di Para Games ini dapat mengobati kegagalan Indonesia dalam SEA Games Agustus lalu.

"Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri mereka saat berjuang mengalahkan keterbatasan, menolak menyerah, dan memilih menjadi pahlawan olahraga bagi Indonesia," ujar pria asal Bangkalan itu.

Imam pun semakin bangga dan merasa salut dengan kemenangan sportif yang telah diraih para atlet difabel Indonesia di ASEAN Para Games 2017.