Turnamen Voli di Palembang ini Namanya Panjang Sekali

By Noverta Salyadi - Senin, 25 September 2017 | 21:55 WIB
Venue voli pantai di Jakabaring Sport Center, Palembang, tampak dari udara. (DOK HUMAS KONI SUMSEL)

Provinsi Sumatera Selatan kembali menggelar kejuaraan voli pantai tingkat Asia Pasifik 17-23 Oktober 2017.

Kejuaraan yang akan digelar di venue voli pantai Jakabaring Sport City Palembang ini diberi nama The 6th South Sumatera Governor Cup Asia Pasifik Beach Volleyball Tournamen Road to Asian Games XVIII 2018.

Kejuaraan ini rencananya akan diikuti oleh 13 negara peserta yakni Oman, Iran, Thailand, Malaysia, Australia, Kazakhstan, Singapura, Jepang, Filipina, Hongkong, Seladia Baru, dan China.

Event ini bukan saja sebagai turnamen voli pantai yang memperebutkan Piala Gubernur Sumsel, tetapi juga merupakan test event bagi Sumatera Selatan sebagai persiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Ini event sama dengan kejuaraan sebelumnya, tetapi tentunya yang berbeda dari event ini adalah sebagai ujicoba venue sebelum digelarnya Asian Games 2018 di Palembang,” ujar I Gede Bagus Suryanegara, Sekretaris Inasgoc Sumatera Selatan.

Bagi Sumatera Selatan kejuaraan ini merupakan tes event kedua, setelah pada bulan Juni lalu menggelar tes event triathlon tingkat Asia Pasifik.

Turnamen voli pantai Asia Pasifik ini nantinya bukan hanya akan digelar pada siang hari, tetapi juga malam hari. Untuk itu panitia telah menyiapkan sarana pendukungnya.

Menurut Ketua Panitia Ahmad Taqwa, dari pengalaman penggelar tes event pertama, panitia sudah harus menuntaskan semua permasalahan, di antaranya keamanan.

Selain itu, dari segi persiapan, venue masih membutuhkan pasir sebanyak 30 ton lagi.

“Semua persiapan sekarang sekarang sudah hampir clear, termasuk lapangan juga akan ditambah pasir sementara gedung akan selesai 5 Oktober nanti. Lampu juga kita sedia jika diperlukan pertandingan malam,” ujar Ahmad Taqwa.

Lebih lanjut, Taqwa mengatakan dari 13 negara yang akan menjadi peserta, sudah 8 peserta yang sudah siap untuk mengikuti turnamen ini.

Mereka diharapkan bisa hadir di Palembang paling lambat 16 Oktober 2017.