Putra Tulehu Jadi Kapten Persib U-19

By Budi Kresnadi - Senin, 25 September 2017 | 20:56 WIB
Muhammad Syafril Lestaluhu (Persib) dalam skuat Persib Bandung U-19 yang berlaga pada Liga I U-19 2017. (BUDI KRESNADI/BOLASPORT.COM)

Putra asal Tulehu dikenal sebagai gudang pesepak bola. Dari Maluku, mereka menyebar ke berbagai klub di Indonesia, tak terkecuali Persib Bandung.

Muhammad Syafril Lestaluhu merupakan satu-satunya pemain asal Tulehu dalam skuat Persib Bandung U-19 yang berlaga pada Liga I U-19 2017.

Bahkan, pemain kelahiran 12 April 1998 ini didapuk sebagai kapten tim Maung Ngora.

"Saya tidak menyangka dipercaya jadi kapten tim,karena saya baru bergabung belakangan menyusul pemain lain yang berasal dari Diklat Persib," ujar  Syafril kepada BolaSport.com, Senin (25/9/2017) di Bandung.

Baca juga: Ini Pemain Indonesia yang Bakal Ikuti Jejak Ezra Walian di Almere City

Ternyata menyandang ban kapten tim bukan pengalaman baru bagi pemain yang mengidolakan penggawa Barcelona, Andres Iniesta, tersebut.

Pemain yang disapa Lesta ini pernah menjadi kapten saat bergabung dengan akademi sepakbola Frenz United beberapa tahun lalu.

Selama dua tahun menimba ilmu di akademi yang terdapat di Indonesia dan Malaysia ini, Lesta bertemu banyak teman baru dari berbagai daerah di Indonesia,termasuk kiper Persib U-19, Ade Chandra Sena.

" Ade yang mengajak saya bergabung dengan Persib. Waktu itu saya sedang menunggu kepastian dari Semen Padang  U-19," jelasnya.

Pemain yang biasa diplot sebagai gelandang bertahan ini mengaku grogi ketika pertama kali bergabung dengan Persib.

Baca juga: Apa Kata Egy Setelah Diincar Persib dan Arema?


Seiring berjalannya waktu, ia mulai menikmati dan semakin nyetel dengan pemain lainnya.

"Suasana tim menyenangkan. Saya dan teman-teman siap bekerja keras untuk bisa membawa Persib U-19 meraih gelar juara," ucapnya.

Fase grup Liga 1 U-19 berhasil dilewati Syafril dan kolega dengan mulus. Mereka bahkan merupakan tim pertama yang dipastikan lolos ke babak 8 besar.