Ingin Menjawab Keluhan Penggemar Jet Darat, Microfon Khusus di Letakkan pada Bagian Ini Agar Suara Mobil F1 Terdengar Lebih Keras

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 28 September 2017 | 05:30 WIB
Para pebalap Formula 1 bersiap-siap mengikuti sesi latihan bebas ketiga GP Italia di Sirkuit Monza (2/9/2017). (FORMULA1)

Sebuah mikrofon khusus dikembangkan oleh F1 agar suara mesin mobil dapat terdengar lebih keras saat menyaksikan siaran televisi.

Hal ini dilakukan untuk menjawab keluhan para penggemar balapan jet darat tersebut yang mengungkapkan jika suara mesin kurang terdengar nyaring saat menyaksikan siaran langsung di televisi.

Perubahan jenis mesin ke 1,6 liter turbocharged V-6 pada tahun 2014 menjadi salah satu indikasi yang menyebabkan suara mesin menjadi terdengar kurang nyaring.

Berdasarkan informasi yang dikutip BolaSport.com dari Automobilemag, alih-alih membuat perubahan di sektor mesin agar terdengar lebih nyaring, pihak penyelenggara lebih memilih untuk 'memalsukannya' dengan berencana menyematkan mikrofon khusus pada bagian knalpot.

(Baca Juga: Lewis Hamilton Unggah Foto dengan Motor Balap, Mungkinkah Kode Dirinya Akan Pindah ke MotoGP )

"Salah satu hal yang ingin kami perkuat kedepan adalah suara dari olahraga ini,"

"Karena mereka memberikan suasana yang mendalam bagi para penggemar dan sangat penting dalam semua penelitian yang kami lakukan," ujar direktur pelaksana komersial F1, Sean Bratches.

Sean Bratches juga mengatakan jika seorang produser yang berasal dari Australia, David Hill, ikut dilibatkan dalam proyek tersebut.

"Kami bekerja sama dengan para ahli dari Jerman untuk mengembangkan sebuah mikrofon berbahan keramik agar dapat menempel di pipa knalpot dan mendapat suara yang nyata bagi para penggemar," kata Bratches menjelaskan.

Lalu apakah para penggemar F1 akan mendapatkan pengalaman yang nyata saat melihat siaran balapan F1? Mari kita nantikan.