Soal Partisipasi Langsung di F1, Aston Martin Tunggu Kepastian Regulasi Baru

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 28 September 2017 | 06:39 WIB
Ilustrasi jika Aston Martin ikut serta dengan Formula 1. (drivetribe.com)

Tim Red Bull baru saja mengumumkan kerja sama baru dengan salah satu produsen mobil ternama asal Inggris, Aston Martin pada hari Senin (25/9/2017).

Tim berlambang banteng merah tersebut pun akan menggunakan nama Aston Martin Red Bull pada musim 2018.

Kerja sama antara kedua pihak bukan soal apakah Aston Martin akan menjadi menyediakan komponen power unit pada mesin mobil tim Red Bull melainkan soal kerja sama keduanya dalam pengembangan mobil sport terbaru.

Meski begitu, Aston Martin tidak menampik kemungkinan apakah mereka akan berpartisipasi sebagai penyedia mesin independen pada kejuaraan F1 di masa mendatang.

Mereka memilih menunggu keputusan resmi regulasi mesin baru yang akan diterapkan pada musim 2021.

Dikabarkan jika regulasi baru akan membuat biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat mesin mobil F1 menjadi lebih murah.

(Baca Juga: Satu Lagi Produsen Mobil Sport Ternama Akan Berpartisipasi pada Formula 1)

"Kami adalah produsen mesin dan jika peraturan berubah sehingga masuk akal, ada penurunan biaya sehingga perusahaan seperti kami mampu untuk membuat sebuah mesin, kami akan melakukannya,"

"Hari ini kami adalah sponsor dan partner dalam hal inovasi, mungkin hal ini akan sedikit berkembang, tapi sejauh mana hal itu tergantung pada kebijakan yang diambil F1," ujar CEO Aston Martin, Andy Palmer seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

Selain Aston Martin, produsen mobil lainnya, Porsche juga mengungkapkan ketertarikannya untuk terlibat di ajang tertinggi balapan mobil kursi tunggal tersebut.