Negara Ini Dilarang Tampil di Piala Dunia Karena Kedapatan Membawa 10 Pemain dari Brasil

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Jumat, 6 Oktober 2017 | 05:34 WIB
Trofi Piala Dunia (FIFA.COM)

Kejadian unik nan aneh terjadi di dunia sepak bola wanita jelang Piala Dunia Wanita 2019 pada hari Kamis (5/10/2017).

Negara dari benua Afrika, Guinea Khatulistiwa kedapatan telah menggunakan dokumen palsu dan memilih 10 pemain yang tidak memenuhi syarat untuk masuk ke tim nasional.

Dilansir BolaSport.com dari The Guardian, FIFA langsung menindak tegas tindakan curang yang dilakukan oleh negara yang kaya akan minyak tersebut dengan melarang tampil di Piala Dunia 2019.

(Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2018 - Meski Tampil Apik di Liga, 5 Pemain Ini Tak Dipanggil oleh Timnas, Salah Satunya Rekan Lionel Messi)

Selain itu, dua pemain Guinea Khatulistuwa akan mendapatkan larangan tampil selama 10 pertandingan karena menggunakan memalsukan dokumnen untuk mengklaim kewarganegaraan, FIFA mengatakan.

Tak hanya itu, FIFA juga menghukum Federasi sepak bola Guinea Khatulistiwa dengan denda sebesar 78 ribu euro.

Setelah ditelusuri oleh FIFA, negara tersebut dikabarkan ingin memajukan sepak bola mereka dengan cara membeli pemain dari luar negara tersebut, FIFA mencatat ada 10 pemain dari Brasil yang menurut FIFA tidak memenuhi Syarat.

Sementara itu pemain yang menggunakan dokumen palsu berasal dari Kamerun dan Nigeria.

Sebelumnya, FIFA juga melarang wanita Guinea Khatulistiwa dari program kualifikasi Olimpiade 2020 karena kasus yang sama.