Saat Roger Federer Bicara Tentang Isu Pensiun dari Dunia Tenis

By Doddy Wiratama - Kamis, 30 November 2017 | 21:46 WIB
Petenis tunggal putra Swiss, Roger Federer, mengacungkan jempolnya kepada penonton seusai laga semifinal ATP World Tour Finals 2017 melawan David Goffin, di O2 Arena, London, Inggris, Sabtu (18/11/2017). (GLYN KIRK/AFP PHOTO)

Roger Federer (36) menjalani musim kompetisi tenis yang luar biasa sepanjang tahun 2017.

Bagaimana tidak, petenis Swiss ini tercatat menjuarai tujuh turnamen di mana dua di antaranya didapat pada ajang Grand Slam, Australia Open 2017 dan Wimbledon 2017.

Tidak hanya itu, peringkat Roger Federer pada daftar petenis tunggal putra terbaik dunia juga ikut melesat.

Dari data yang diperoleh BolaSport.com, Federer yang pada awal musim menduduki posisi ke-16 berhasil menutup tahun kompetisi 2017 dengan berada di peringkat 2 pada ranking ATP.

(BACA JUGA : Sejumlah Peraturan Baru Akan Diterapkan pada Pertandingan Tenis Mulai 2018)

Meskipun sudah tidak berusia muda dan memiliki prestasi yang berlimpah di dunia tenis, tapi Roger Federer mengaku belum berniat untuk pensiun.

"Kita lihat saja berapa lama lagi saya mampu bermain tenis," ujar Federer dikutip BolaSport.com dari Tennis World USA.

Isu pensiun petenis peraih 19 gelar Grand Slam ini selalu menarik diperbincangkan, bahkan gosip ini sudah berembus sejak 2009 saat Federer berada di puncak karier.

"Ada banyak spekulasi tentang kabar pensiun saya dan tak akan berhenti sebelum saya benar-benar pensiun," tutur Roger Federer.

"Saya berusaha untuk tidak memikirkan pensiun terlalu sering, semakin banyak anda memikirkannya maka akan semakin menjadi kenyataan."