Punya Rivalitas Panas, Federer Justru Percayakan Anaknya Berlatih Bersama Nadal

By Doddy Wiratama - Selasa, 5 Desember 2017 | 17:43 WIB
Rafael Nadal (kiri) dan Roger Federer saat menyaksikan laga Piala Laver di Praha, Republik Ceska, Sabtu (23/9/2017). (AFP)

Rivalitas antara Roger Federer dan Rafael Nadal adalah salah satu persaingan terpanas yang pernah terjadi di dunia tenis.

Sejak Februari 2004 hingga Juli 2011, Federer dan Nadal saling bergantian menduduki puncak ranking ATP.

Dari data yang didapat BolaSport.com, kedua petenis tercatat sudah pernah saling berhadapan sebanyak 38 kali di mana 23 di antaranya dimenangkan oleh Rafael Nadal.

Saking alotnya, rivalitas antara Federer dan Nadal mendapat julukan 'Fedal' dari kalangan pencinta tenis.

(BACA JUGA : Siap-siap Kecewa, Roger Federer Terancam Absen pada Olimpiade 2020)

Meski memiliki catatan rivalitas yang sengit, namun Roger Federer dan Rafael Nadal memiliki hubungan pertemanan yang cukup erat.

Baru-baru ini kedekatan kedua petenis ini kembali terlihat saat Federer memberikan dukungannya terhadap proyek yang sedang digeluti oleh Nadal.

Roger Federer bersedia membantu perkembangan Rafael Nadal Academy yang sudah berdiri sejak Juni 2016 di Mallorca, Spanyol.

"Ini adalah proyek terpenting dalam karier saya. Akademi tenis ini begitu istimewa bagi saya," tutur Rafael Nadal dikutip BolaSport.com dari Express.

Nadal mengatakan jika Federer akan mempercayakan anak kembarnya, Leo dan Lennart (3), untuk masuk dalam akademi tenis yang dilengkapi dengan teknologi termutakhir.

"Roger Federer akan membawa dua anak laki-lakinya untuk bergabung ke Rafael Nadal Tennis Academy," tutur Nadal.