Asian Games 2018 - Dana untuk 40 Cabor Dipastikan Cair pada 1 Januari

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 20 Desember 2017 | 16:13 WIB
kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Pengarah Asian GAmes 2018 ke pemusatan latihan atlet-atlet nasional, Rabu (3/10/2017). (Diya Farida Purnawangsuni/BOLASPORT.COM)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan dana untuk 40 cabang olahraga yang berlaga pada Asian Games 2018 akan cair per 1 Januari mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Menpora pada pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh pimpinan pengurus cabang olahraga di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

"Tahun depan mulai 1 Januari 2018 sudah tersedia dan siap dicairkan untuk 40 cabor," demikian pernyataan resmi Kemenpora yang diwakili oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

(Baca juga: Evaluasi Indonesia Open Aquatic 2017, Masih Ada yang Perlu Ditingkatkan)

Dalam pertemuan itu, Gatot menyebutkan bahwa Menpora turut membahas bonus yang akan diberikan kepada atlet berprestasi pada Asian Games 2018.


Atlet SEA Games Elga Kharisma (belakang) dan Atjong Tiop Purwanto dalam Kirab Apresiasi Atlet SEA Games di Malang, Jawa Timur (28/09/2017).(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Atlet peraih emas, kata Gatot, akan mendapatkan bonus dengan nilai terbesar dalam sejarah keikutsertaan Indonesia pada Asian Games.

Setiap perwakilan cabang olahraga juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan saran terkait Asian Games 2018.

Salah satu di antaranya cabang olahraga wushu yang meminta agar satu nomor pertandingan unggulan Indonesia tetap dipertahankan.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Wakil Ketua Inasgoc Sjafrie Samsuddin, dan Ketua KONI Tono Suratman.