Indonesia Diharapkan Bisa Masuk 10 Besar di Asian Games 2018

By Imadudin Adam - Senin, 25 Desember 2017 | 07:11 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau proses renovasi Istora Senayan, Jakarta, Selasa (3/10/2017). (NUGYASA LAKSAMANA/JUARA.NET)

 Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berharap performa atlet Indonesia di Asian Games 2018 bisa lebih baik dari performa mereka di SEA Games 2017, Malaysia.

Di SEA Games 2017, Indonesia gagal memenuhi target dan hanya menduduki peringkat kelima klasemen akhir perolehan medali dengan torehan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

"Negara termasuk besar, penduduk (terbanyak) nomor tiga di Asia. Tapi olahraganya kayak kemarin terakhir di SEA Games," kata Kalla seperti dikutip Bolasport.com dari Kompas.com.

Kalla pun meminta semua pihak berupaya agar bendera Merah Putih bisa terus berkibar di atas bendara negara lain pada ajang olahraga terbesar se-Asia yang digelar empat tahunan tersebut.

(Baca Juga: Wapres Jusuf Kalla Ingin Pencairan Dana Dilakukan Secepatnya)

"Harga diri (Indonesia) ada di tangan Anda semua nanti, (bergantung) prestasi. Rakyat Indonesia akan berkecil hati apabila kita masih seperti sekarang," kata Kalla.

Untuk itu, Ketua Dewan Pembina Pantia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) tersebut menargetkan Indonesia minimal masuk 10 besar di antara negara-negara peraih medali.

"Harapan kita, posisi kita minimum 10 besar. Kalau masuk 10 besar maka dihitunglah setidak-tidaknya 20 medali emas harus diperoleh," ucap Kalla.

Meski demikian, Kalla mengakui, target tersebut tidak mudah untuk dicapai. Sebab, negara lain pun akan melakukan hal yang sama, merebut medali sebanyak-banyaknya.

"Tentu ini tidak mudah, karena kalau olahraga pertandingan tentu di samping kita hebat, orang lain juga hebat," ucap Kalla.