Roger Federer Buka-bukaan tentang Rahasia Karier Panjangnya pada Dunia Tenis

By Susi Lestari - Minggu, 7 Januari 2018 | 13:27 WIB
Petenis putra Swiss, Roger Federer, melakukan selebrasi setelah memastikan Tim Eropa yang dibelanya menang atas Tim Dunia pada turnamen ekshibisi Laver Cup 2017 di O2 Arena, Praha, Republik Ceska, 22-24 September. (MICHAL CIZEK/AFP PHOTO)

Petenis tunggal putra asal Swiss, Roger Federer, mengungkapkan rahasia dirinya mampu memiliki karier panjang di olahraga tenis.

Dikutip BolaSport.com dari Express, Roger Federer mengatakan telah mengurangi porsi latihan dalam upaya untuk memperpanjang kariernya selama mungkin.

"Ketika Anda masih muda, Anda harus memberi waktu agar bisa mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya bisa berada di lapangan selama empat jam dan berlatih selama sepuluh hari berturut-turut," kata Roger Federer.

"Anda harus membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukannya. Ini lebih merupakan pertarungan mental."

(Baca Juga: Skandal Pesumo Ini Cerminkan Pepatah, Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga)

Petenis 36 tahun ini juga berpendapat bahwa seiring berjalannya waktu, prioritas seorang pemain juga akan berubah.

"Seiring bertambahnya usia, Anda akan lebih mempertimbangkan kualitas dan tidak begitu peduli dengan kuantitas karena kuantitas melukai tubuh," kata peraih Grand Slam sebanyak 19 kali itu.

"Saya telah memainkan hampir 1.500 pertandingan dalam karier saya, sehingga yang dibutuhkan saya saat ini adalah tampil berhati-hati."

Bagi Federer, dengan mengurangi jadwal pertandingan, dia akan memiliki peluang bertahan lebih lama pada olahraga yang telah membesarkan namanya itu.

Baru-baru ini, Roger Federer yang mengalahkan Alexander Zverev dengan skor 6-7, 6-0, 6-2 turut andil dalam keberhasilan Swiss menjuarai piala Hopman yang digelar di Perth, Australia, Sabtu (6/1/2018).