Cara PB IKASI untuk Saring Atlet Anggar yang Ikut ke Asian Games 2018

By Kamis, 8 Februari 2018 | 09:27 WIB
Ilustrasi olahraga anggar

 Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi) memiliki cara untuk melakukan seleksi atlet anggar yang akan masuk timnas anggar di Asian Games 2018. Penulis: Cornal Dimas

Sebanyak 41 atlet dari berbagai daerah yang bertarung memperebutkan 24 tempat di timnas Anggar Asian Games.

Pada Seleknas ini, Provinsi Jawa Barat mengirimkan 10 atlet, Riau tujuh atlet, Jawa Tengah enam atlet, Jawa Timur lima atlet, Kalimantan Timur empat atlet, Kalimantan Barat emap atlet, DKI Jakarta dua atlet, Aceh dua atlet, dan Kepulauan Riau satu atlet.

Para atlet diwajibkan mengikuti dua tes selama seleknas yaitu tes fisik dan teknik.

(Baca Juga: Gary Lineker : Jika Ada Lionel Messi, Barcelona Seperti Bermain dengan 13 Orang)

Manager Anggar Asian Games, Muslimin, mengungkapkan hasil dari dua tes tersebut akan diakumulasikan guna mendapatkan nilai akhir Seleknas.

Kita hitung dengan persentase 40 persen fisik dan 60 persen permainan. Artinya jika dia peringkat satu di tes fisik itu nilainya 40 dan jika dia peringkat satu di tes teknik maka nilainya 60. Hasil dari akumulasi itu, kita akan memilih komposisi 12 atlet putra dan 12 atlet putri untuk Asian Games," kata Muslimin seperti dikutip Bolasport.com dari Tribun Kaltim.

Nantinya 24 atlet yang lolos ke Asian Games akan langsung menjalani pelatnas tahap awal di Samarinda.

"Kita akan inapkan mereka di Hotel Mesra Samarinda dan mereka akan menjalani Pelatnas di Samarinda sebelum try out ke Korea Selatan," ucap Muslimin.