Ini yang Dilakukan Para Atlet Anggar di Pelatnas

By Imadudin Adam - Minggu, 18 Maret 2018 | 06:50 WIB
Ilustrasi olahraga anggar

Saat ini para atlet anggar sedang melakukan pemusatan latihan di Samarinda jelang digelarnya Asian Games 2018. Penulis: Cornel Dimas

Para atlet anggar yang ada di pelatnas memiliki banyak kegiatan yang dilakukan.

Pelatnas ini diikuti 24 atlet berdasarkan hasil seleksi nasional akhir Februari 2018 silam. Mereka menjalani pelatnas sejak 8 Maret 2018 didampingi tiga pelatih nasional.

Para atlet akan menjalani pelatnas hingga dua bulan di GOR Anggar Polder Air Hitam, Samarinda, Kalimantan Timur. Mereka mendapatkan jatah latihan tiga jam pagi dan tiga jam sore seperti dikutip Bolasport.com dari Tribun Pontianak.

Salah satu latihan yang dilakukan oleh para atlet anggar adalah dengan melakukan lempar tangkap bola.

Pelatih Anggar Nasional, Hendra Faradilah mengatakan pemanasan game ini sengaja dilakukan agar melatih kekompakan atlet dan menghilangkan kejenuhan.

"Ini pemanasan game dengan durasi 30 menit. Sebenarnya pemanasan bukan hanya ini saja. Tapi kami menyesuaikan saja agar lebih variatif," kata Hendra.

Menurut Hendra sementara ini pihaknya fokus meningkatkan kondisi fisik atlet. Sekitar 60 persen porsi latihan untuk menggeber fisik atlet. 

"Jadi kita melatih untuk meningkatkan kondisi fisik dan adaptasi dengan cuaca di Samarinda. Fisik 60 persen, teknik 40 persen dalam satu bulan itu yang kita kejar dulu," ujar Hendra yang didapuk sebagai pelatih Degen.