Lee Chong Wei Seharusnya Menjadi Juara Dunia 2017, jika...

By Susi Lestari - Rabu, 21 Maret 2018 | 11:59 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose di podium setelah menjadi runner-up pada BWF Superseries Finals 2017 yang berlangsung di Hamdan Sports Complex, Dubai, Minggu (17/12/2017). (GIUSEPPE CACACE/ AFP PHOTO)

Nama pelatih legenda dari China, Li Yongbo, kini sedang santer dibicarakan di Malaysia.

Pasalnya, Li menjadi sebuah opsi untuk memperbaiki prestasi bulu tangkis Negeri Jiran yang mulai meredup menyusul pencapaian yang buruk pada turnamen All England Open 2018.

Nama Li disebut sebagai legenda karena rekam jejaknya yang tidak perlu diragukan lagi.

Sepanjang berkarier sebagai pelatih kepala selama 24 tahun, Li telah membawa China menjadi negara yang paling sukses dalam sejarah bulu tangkis.

(Baca Juga: Debby Susanto: Meskipun Sering Juara, Marcus/Kevin Tidak Sombong)

Tidak tanggung-tanggung, di bawah kepimpinannya, China sukses memenangi 18 medali emas Olimpiade dan turnamen-turnamen besar lainnya seperti Kejuaraan Dunia, Piala Thomas, Piala Uber, serta Piala Sudirman.

Terkait dengan kepercayaan diri Li yang dianggap sebagai pelatih bertangan dingin pernah diutarakan kepada salah satu pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei.

Setelah Olimpiade Rio 2016, Li mengatakan bahwa Lee akan menjadi juara dunia 2017 di bawah asuhannya.

"Chong Wei pasti sudah menjadi juara dunia, jika dia adalah bagian dari tim saya," kata Li dikutip BolaSport.com dari NST.

Ucapan Li itu keluar menyusul kekalahan Lee pada babak awal Kejuaraan Dunia 2017 yang digelar di Glasgow, Skotlandia, Agustus lalu.