Saina Nehwal Raih Emas Kedua Commonwealth Games

By Delia Mustikasari - Minggu, 15 April 2018 | 13:51 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri India, Saina Nehwal, berpose di podium setelah meraih medali emas Commonwealth Games 2018. Medali emas didapat seusai menumbangkan Pusarla Venkata Sindhu, 21-18, 23-21, pada final yang berlangsung di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018). (SAEED KHAN/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putri India, Saina Nehwal, merengkuh medali emas pada Commonwealth Games 2018.

Nehwal memastikan keping medali emas setelah mengalahkan rekan senegara, Pusarla Venkata Sindhu, 21-18, 23-21, pada final yang berlangsung di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018).

Bagi Nehwal, ini merupakan medali emas keduanya pada Commonwealth Games. Sebelumnya, medali emas dia dapat pada edisi 2010 saat digelar di Hyderabad, India.

"Ini adalah turnamen yang penuh tekanan karena banyak pemain top dari Malaysia. Bagi saya, ini adalah ajang yang sangat menantang," kata Nehwal seperti dilansir BolaSport.com dari AFP.

"Memenangi medali emas saat ini jauh lebih sulit karena tekanan selalu ada ketika Anda sudah memiliki emas," ucap Nehwal.

Nehwal meraih medali pertama Commonwealth Games pada 2006 saat digelar di Melbourne, Australia.

(Baca juga: Chris Adcock/Gabrielle Adcock Pertahankan Emas pada Commonwealth Games 2018)

Pada 2014, pemain berusia 27 tahun ini absen karena mengalami cedera.

"Medali emas ini menjadi salah satu prestasi terbaik saya setelah medali perunggu Olimpiade London 2012 dan menduduki peringkat pertama dunia," ujar Nehwal.

"Ini adalah momen yang sangat emosional karena saya telah menunggu satu kemenangan besar setelah kekalahan pada babak kedua Olimpiade Rio 2016 yang mengecewakan. Setelah itu, saya harus rehat sebentar untuk menjalani operasi," tutur Nehwal.

Nehwal sebelumnya tampil cemerlang setelah menjadi penentu kemenangan tim beregu India dengan skor 3-1 atas Malaysia.

Tim bulu tangkis India secara keseluruhan telah mengoleksi enam medali pada Commonwealth Games 2018.

Perinciannya adalah dua medali emas dari nomor beregu dan Nehwal, tiga medali perak (PV Sindhu, Kidambi Srikanth, dan Satwiksairaj/Chirag Setty), dan satu medali perunggu melalui pasangan ganda putri Reddy N Sikki/Ashwini Ponnappa.