Wah! Kiteboarding Akan Jadi Cabang Olahraga Baru pada Olimpiade Paris

By Bayu Nur Cahyo - Rabu, 16 Mei 2018 | 11:09 WIB
Sebuah ilustrasi tentang kiteboarding yang akan menjadi cabang olahraga baru di Olimpiade Paris 2024 mendatang. (Twitter.com/WondersofWatamu)

Kiteboarding dipastikan bakal menjadi cabang olahraga baru untuk Olimpiade Paris 2024.

Kiteboarding adalah sebuah jenis olahraga selancar yang menggunakan parasut dan angin sebagai bantuan untuk melaju di atas permukaan air.

Cara kerja olahraga kiteboarding adalah seorang atlet menaiki papan di atas permukaan air yang kemudian melaju dengan mengendalikan parasut yang tertiup angin.

Dilansir BolaSport.com dari Inside the Games, kiteboarding sudah mendapat persetujuan sebagai 10 olahraga pelayaran yang akan ditampilkan pada Olimpiade Paris 2024.

Keputusan untuk mengikutsertakan kiteboarding disepakati pada sebuah diskusi yang digelar di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris.

Akan tetapi, peralatan dan format yang terperinci belum dikonfirmasi hingga akhir tahun ini.

(Baca juga: Salut! Deretan Pebalap MotoGP Panjatkan Doa atas Aksi Teror Bom di Indonesia)

Saat ini, asosiasi kiteboarding internasional sedang berusaha untuk membuat kompetisi kiteboarding menjadi menarik untuk sebuah acara besar seperti Olimpiade Paris 2024.

Jika kiteboarding tersebut sudah dikonfirmasi pihak penyelenggara Olimpiade Paris, maka beberapa negara yang ingin ambil bagian dalam kompetisi tersebut harus bersiap, tak terkecuali Indonesia.