Di India, Peraih Medali Olimpiade dan Turnamen 4 Tahunan Lainnya Dapat Dana Pensiun

By Any Hidayati - Jumat, 8 Juni 2018 | 18:19 WIB
Kidambi Srikanth (kiri), Pusarla V Sindhu, dan Saina Nehwal, pebulu tangkis India. ( Indian Express )

Kabar gembira datang dari asosiasi olahraga di India yang akan menghadiahi dana pensiun bagi para atlet juara turnamen empat tahunan.

Para peraih medali turnamen Asian Games, Asian Para Games, Olimpiade, dan Paralimpiade dipastikan akan mendapat santunan dari negara.

Dilansir BolaSport.com dari Indian Express, jumlah uang pensiun yang akan diterima tergantung dari medali yang disumbang oleh sang atlet.

Peraih medali emas akan mendapat 16.000 Rupee (sekitar Rp 3,31 juta), medali perak 14.000 Rupee (sekitar Rp 2,89 juta), dan medali perunggu 12.000 Rupee (setara Rp 2,48 juta).

(Baca Juga: Lagi, Bos Ducati Sindir Jorge Lorenzo)

"Tingkat pensiun untuk pemenang medali Paralimpiade dan Asian Para Games akan setara dengan peraih medali di Olimpiade dan Asian Games dan hanya Kejuaraan dunia yang berlangsung empat tahun sekali yang akan mendapat pensiun," demikian pernyataan rilis media asosiasi olahraga India yang disiarkan Indian Express.

Peraturan ini dinyatakan mulai resmi berlaku pada 1 April 2018.

Artinya, para atlet India termasuk pebulu tangkis Pusarla Venkata Sindhu, Saina Nehwal, dan Kidambi Srikanth akan mendapat dana pensiun dari pemerintah India jika sukses mempersembahkan medali Asian Games 2018.

Tahun ini, Asian Games berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang di Jakarta dan Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia.