Gojek 3x3 Bakal Jadi Gerbang Tim Indonesia Berlaga pada World Series di China

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 8 Juni 2018 | 21:56 WIB
Pertandingan final kedua IBL 2017-2018 antara Pelita Jaya Jakarta dan Satria Muda Pertamina di GOR Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Sabtu (21/4/2018). ( HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM.TABLOID BOLA )

Direktur Indonesian Basketball League (IBL) Hasan Gozali memastikan tim juara untuk kategori IBL pada kompetisi basket Gojek 3x3 akan mewakili Indonesia pada ajang World Series di China.

"Kompetisi di China ini sekaligus menjadi ajang kualifikasi untuk menembus Olimpiade Tokyo 2020," ujar Hasan Gozali di sela acara buka puasa bersama rekan-rekan media di Jakarta.

Meski tengah memasuki masa libur musim alias off-season, IBL tak lantas kehabisan aktivitas.

(Baca juga: Isi Masa Libur Musim, IBL Gelar Kompetisi Basket Gojek 3x3)

Sebaliknya, pada periode ini, IBL akan menggelar kompetisi basket tiga lawan tiga alias three on three bertajuk Gojek 3x3.

Rencananya, turnamen basket ini akan dimainkan di tiga kota besar di Pulau Jawa yakni Yogyakarta (14-15 Juli), Malang (21-22 Juli), dan Jakarta (27-28 Juli).

"Kami akan mulai Gojek 3x3 pada akhir pekan kedua bulan Juli di Yogyakarta. Setelah itu lanjut ke Malang pada pekan ketiga dan Jakarta pada pekan keempat sekaligus grand final," kata Hasan Gozali lagi.

Selain terbuka untuk tim-tim SMA, putri, dan umum, kompetisi Gojek 3x3 juga menggelar turnamen untuk tim-tim peserta IBL.

Hanya, masing-masing dari tim IBL ini boleh mengirim maksimal dua skuat, sementara untuk kategori lain, IBL menyediakan slot sebanyak 32 tim per kategori.

"Kami harap sih, tim-tim IBL bisa mengirim dua tim. Namun, sebagian dari tim-tim IBL ini kan pemainnya masuk timnas, jadi ya mungkin tidak semua tim IBL akan kirim dua tim ke Gojek 3x3," kata Hasan lagi.

Selain bakal memberi turnamen yang baru dan berbeda, tujuan dari penyelenggaraan kompetisi basket tiga lawan tiga ini juga untuk menjaga performa para pebasket profesional Tanah Air.