Atlet 19 Tahun Sukses Pecahkan Rekor Lompatan Terjauh yang Sudah Bertahan Sejak 1985

By Samsul Ngarifin - Senin, 11 Juni 2018 | 02:52 WIB
Juan Miguel Echevarria berhasil melakukan lompatan 8,83 meter. (DOK. DIAMOND LEAGUE)

Atlet lompat jauh asal Kuba, Juan Miguel Echevarria, berhasil melakukan lompatan terjauh yang mampu mengalahkan rekor yang bertahan sejak 1985.

Atlet berusia 19 tahun itu melakukan lompatan sejauh 8,83 meter pada kompetisi atletik Stockholm Diamond League, Minggu (10/6/2018).

Catatan Echevarria itu terbilang mengagumkan karena sebelumnya tidak ada atlet lompat jauh yang mampu memecahkan rekor yang sudah bertahan 33 tahun tersebut.

Bahkan sebelum berhasil melakukan lompata bersejarah itu, Juan Miguel Echevarria sempat hampir keluar dari bak pasir dalam salah satu kesempatan lompatnya.

(Baca Juga: Galang Hendra Pratama Sukses Mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di Brno)

Namun, keberhasilan Echevarria ini "hanya" mampu membuat dirinya berada di posisi lima dalam daftar atlet lompat jauh dengan rekor lompatan terpanjang.

Catatan Juan Miguel Echevarria masih kalah dibandingkan dengan Anthony Powell, Ivan Pedroso, Carl lewis, dan Bob Beamon.

Pada saat sesi wawancara, Juan Miguel Echevarria mengaku tidak menyangka jika dirinya bisa melompat sejauh itu.

"Hari ini saya (sebenarnya) ingin lompat lebih dari 8,50 meter. Tapi saya tidak mengira bisa melompat sangat jauh," kata Juan Miguel Echevarria.