Paras Paros Jadi Mural di Bali United Cafe, Ini Maknanya di Sepak Bola

By Christina Kasih Nugrahaeni - Jumat, 22 Juni 2018 | 01:52 WIB
Mural Paras Paros yang menghiasi dinding Bali United Cafe. (baliutd.com)

Bali United Cafe yang berlokasi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, dihiasi dengan mural yang disebut dengan Paras Paros.

Bukan secara acak maupun asal manajemen memilih mural tersebut.

Ada makna dibalik mural yang menghiasi dinding Bali United Cafe.

Dilansir BolaSport.com dari baliutd.com, pembuatan mural tersebut adalah hasil kerja sama manejemen Bali United dengan dua seniman asli asal Bali.

Dituturkan oleh salah satu seniman yang bernama I Nyoman Primahita Gunadharma (Vonzealous Pontil), mural tersebut tepat untuk untuk menghiasi dinding yang kental dengan sepak bola.

(Baca Juga: Liburan ke Bali, Wawan Hendrawan Ajak Fan untuk Jadi Pemandu Wisata)


Pasalnyua, Paras Paros bermakna semnagat kebersamaan yang cocok diaplikasikan kedalam permainan sepak bola.

"Filosofi Paras Paros itu sendiri adalah semangat kebersamaan yaitu setia sepenanggungan atau setia sekata dalam menjaga keharmonisan Tri Hita Karana khususnya hubungan antara manusia dan lingkungannya," kata pria yang akrab disapa Pontil kepada baliutd.com.

Ia juga menuturkan, konsep tersebut tepat untuk diterapkan pada permainan sepak bola yang harus dimainkan dengan kerja sama, tidak hanya kemampuan individu saja.

"Konsep Paras Paros sangat tepat jika diaplikasikan kedalam permainan sepak bola. Karena pada dasarnya permainan di lapangan akan berhasil dan berjalan dengan baik apabila didukung kerjasama satu tim melalui semangat kebersamaan dan persamaan visi dan misi," ucapnya.