Hotel Indonesia Sambut Lagi Asian Games

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:10 WIB
Acara apresiasi atlet senior Indonsia di Hotel Indonesa Kempinski, Jakarta, Rabu (15/8/2018). (WISNU NOVA/BOLASPORT)

Kembalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games menjadi pengingat berdirinya Hotel Indonesia.

Ya, pada Agustus ini Hotel Indonesia merayakan dua peristiwa bersejarah yakni ulang tahun Hotel Indonesia ke-56 yang jatuh pada 5 Agustus 2018.
 
Peristiwa kedua adalah menyambut kembali Asian Games 2018 dengan menyelenggarakan acara Remarkable Sports dan Heritage Photo Exhibition yang berlangsung pada 15 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.
 
Asian Games ke IV pada 1962 yang berlangsung di Indonesia merupakan tonggak sejarah karena event tersebutlah Hotel Indonesia didirikan.
 
Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, menunjuk arsitek asal Amerika Serikat, Abel Sorensen dan istrinya, Wendy Sorensen untuk membangun hotel bintang lima pertama di Asia Tenggara dengan standar internasional.
 
(Baca juga: Timnas U-23 Suriah Raih Tiga Poin Pertama Sepak Bola Asian Games 2018 dan Menempel China)
 
Soekarno sendiri yang meresmikan dibukanya Hotel Indonesia pada 1962 sebagai tempat menginap atlet-atlet Asian Games IV.
 
Lewat momen ini juga, hotel yang kini bernama Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, memberikan apresiasi kepada sederetan mantan atlet nasional seperti Tan Joe Hok (bulutangkis) atau Yustedjo Tarik (tenis).
 
 
"Asian Games merupakan ajang kompetisi olahraga terbesar se-Asia dan Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya," kata General Manager Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Sjefke Jansen.
 
"Melalui acara ini, tentunya sebuah langkah kami dalam menyambut kembali Asian Games di Indonesia serta mengapresiasi para atlet senior Indonesia dan para legendaris yang menjadi bagian dari cerita perjalanan Hotel Indonesia," ucapnya.
 
Indonesia menuai sukses besar di Asian Games 1962 dengan menjadi runner-up dengan mendulang 11 emas, 12 perak, dan 28 perunggu.
Tim Merah Putih kalah dari Jepang yang mengemas 73 emas 56 perak dan 23 perunggu.
 
Pada Asian Games 2018, Indonesia ditargetkan masuk jajaran 10 besar klasemen perolehan medali.