Status Medali eSports untuk Asian Games 2022 Masih Ditahan

By Susi Lestari - Sabtu, 18 Agustus 2018 | 22:41 WIB
Pemain EVOS eSports, JessNoLimit, tengah bertanding di acara All Star Battle pada acara drawing Mobile Legends Southeast Asia Cup 2018 di JIExpo Kemayoran, Kamis (26/7/2018) malam. (FIRZIE A. IDRIS/BOLASPORT.COM)

Dimasukkannya eSports sebagai cabang olahraga resmi pada Asian Games 2022 belum dapat dikonfirmasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jendral Olympic Council of Asia (OCA), Husain Al Musallam, pada Sabtu (18/8/2018).

Menurut Musallam, saat ini eSports masih diselenggarakan oleh beragam federasi.

Agar bisa membuatnya hadir dalam persaingan medali di Asian Games, eSports harus terlebih dahulu memiliki satu federasi resmi.

(Baca Juga: Di Bawah Asuhan Pelatih Indonesia, Ganda Putra Malaysia Ini Tunjukkan Kemajuan)

"eSports akhirnya belum diputuskan untuk masuk ke dalam perebutan medali di Asian Games 2022," kata Musallam di sela-sela rapat dilansir BolaSport.com dari NST.

"Perlu adanya satu federasi internasional. Sekarang ada begitu banyak federasi internasional untuk turnamen eSports. Mereka harus bersatu untuk memutuskan satu badan pengatur agar menjadi resmi dan dimasukkan ke ajang Asian Games," ujar Musallam lagi.

Usulan mengenai eSports sudah masuk dalam pertemuan komite eksekutif OCA di Jakarta.

Sampai dengan saat ini, eSports masih akan diperjuangkan untuk bisa menjadi salah satu cabang olahraga pada Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China.