Presiden Federasi Olahraga Elektronik Asia: eSports Diusahakan Tampil di Olimpiade

By Selasa, 4 September 2018 | 22:38 WIB
Turnamen eSports ( GOH CHAI HIN/AFP )

Kenneth Fok, Presiden Federasi Olahraga Elektronik Asia (AESF), mengatakan bahwa tujuan jangka panjang dari eSports adalah untuk membawa olahraga elektronik ini tampil di pergelaran Olimpiade.

Penulis: Samuel Agung Pratama

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga telah mengadakan sebuah forum mengenai eSports pada bulan lalu di markas besar mereka di Lausanne, Swiss.

“Tujuan kami adalah untuk mengusahakannya tampil di Olimpiade,” ujar Kenneth Fok seperti dikutip BolaSport.com dari New York Times, saat menghadiri pembukaan eSports di Asian Games 2018.

Di level Asian Games sendiri, eSports masih berstatus ekshibisi pada edisi 2018, tapi rencananya akan dipertandingkan memperebutkan medali pada 2022.

(Baca juga: Ronaldo hingga Higuain Mandul, Daftar Top Scorer Liga Italia Tanpa Bomber Top) 

Ketika ditanya mengenai kepastian kapan olahraga elektronik ini akan ambil bagian di Olimpiade, Fok masih enggan untuk menyatakan waktunya.

“Inilah tugas kami. Hal ini adalah semangat kami, hal yang mendorong kami. Kapan? Saya tidak tahu. Saya tidak ingin memprediksinya,” lanjut Fok.

Pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, eSports telah diikutkan menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi sebagai persiapan sebelum memulai debut resminya pada Asian Games ke-19, 2022 mendatang.