Setelah Asian Games 2018, Korea Bersatu Batal Tampil pada Kejuaraan Dunia Perahu Naga

By Any Hidayati - Minggu, 9 September 2018 | 17:35 WIB
Tim perahu naga putri Korea Bersatu berpose setelah meraih medali emas nomor 500 meter Asian Games 2018 pada Minggu (26/8/2018) di Danau Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. (ANY HIDAYATI/BOLASPORT.COM)

Bendera Korea Bersatu dipastikan urung kembali berkibar di ajang olahraga internasional setelah berakhirnya Asian Games 2018.

Tim perahu naga yang terdiri dari atlet dayung Korea Utara dan Korea Selatan batal tampil pada Kejuaraan Dunia 2018 di Gainesville, Georgia, Amerika Serikat.

Hal ini dikarenakan tim Korea Utara tidak diperbolehkan mendapat visa untuk masuk ke Amerika Serikat.

Manajer Media dan Komunikasi Federasi Kanoe Internasional (ICF), Ross Solly, mengatakan jika Korea Bersatu tidak bisa tampil pada Kejuaraan Dunia Perahu Naga 2018.

Dengan batalnya Korea Bersatu berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia ternyata juga berdampak kepada Korea Selatan yang tidak ada dalam daftar negara peserta di laman resmi turnamen tersebut.

Kejuaraan Dunia Perahu Naga 2018 akan mulai berlangsung pada 13 September mendatang dan diikuti oleh 13 negara.

(Baca Juga: MotoGP San Marino - Jorge Lorenzo Berhasil Pastikan Pole Position)

Beberapa negara peserta adalah Armenia, Kanada, Republik Ceska, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Filipina, Rusia, Swiss, Hongaria, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Korea Utara dan Korea Selatan sempat menggegerkan pesta olahraga Asian Games 2018 karena menggunakan bendera unifikasi di beberapa nomor pertandingan.

Di nomor perahu naga sendiri, Korea Bersatu meraih tiga medali salah satunya medali emas untuk nomor 500 meter putri.