Asian Para Games 2018 - Nuansa Kental Keberagaman Indonesia Muncul Pada Sesi Awal Pembukaan

By Delia Mustikasari - Sabtu, 6 Oktober 2018 | 20:08 WIB
Suasana panggung pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

Nuansa kental keberagaman Indonesia muncul dalam sesi awal pembukaan Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta, 6-13 Oktober.

Simbol keberagaman Indonesia langsung muncul dalam segmen pembuka. Hal ini ditunjukkan dalam miniatur masjid, gereja, wihara, dan pura yang disertai dengan doa dari masing-masing agama.

Setelah itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Presiden Asian Paralympic Committee Majid Rashed diperkenalkan kepada para penonton yang hadir di GBK.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani membahawa bendera Merah Putih untuk dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Shanna Shannon mengiringi pengibaran bendera dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama anak-anak Jakarta dan desa Bengkala yang menyanyi dengan bahasa isyarat.

(Baca juga: Opening Ceremony Asian Para Games 2018 - Atlet China Bawa Pesan Khusus bagi Indonesia)

Setelah itu, refleksi Pancasila dibacakan aktor Reza Rahadian dan Surya Sahetapy.

Acara dilanjutkan dengan parade atlet dari 43 negara yang disambut pertunjukkan cahaya.

Kontingen China yang tampil keenam menjadi salah satu kontingen besar. Selain melambaikan tangan, membawa spanduk bertuliskan Hello Indonesia.

China merupakan salah satu negara tersukses dalam penyelenggaraan Asian Para Games sejak digelar pada Asia Para Games Guangzhou 2010 di China.