MotoGP Diklaim Menjadi Balapan Terbaik di Dunia Mengalahkan F1

By Bayu Nur Cahyo - Minggu, 24 Maret 2019 | 19:51 WIB
Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, dan Marc Marquez sedang merayakan posisi podiumnya di MotoGP Qatar 2019. (DOK. MotoGP)

BOLASPORT.COM - Manajer Dorna, Carmelo Ezpeleta membandingkan kejuaraan balapan MotoGP dengan kejuaraan balapan jet darat, Formula 1 (F1).

Menurut Carmelo Ezpeleta, MotoGP jauh lebih baik daripada F1 jika dilihat dari kepemilikan hak komersialnya.

"Kesepakatan komersial kami menguntungkan baik Dorna dan para tim," kata Ezpeleta yang dikutip BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

"Sistem kami berbeda dari apa yang sudah ada di F1, karena kami memberi uang lebih kepada tim-tim pribadi (tim satelit) daripada tim-tim pabrikan," ujar dia menambahkan.

Lebih lanjut, Ezpeleta mengaku sudah memberikan solusi terbaik bagi tim satelit yang berkompetisi di MotoGP.

Maka dari itu, Ezpeleta pun tak segan mengklaim bahwa MotoGP adalah olahraga balapan dengan kendaraan bermotor terbaik di dunia.

"Mereka (tim-tim pabrikan) memiliki hak dukungan finansial jika mereka memutuskan untuk menyediakan motor balap untuk tim satelit," tutur Ezpeleta.

"Sebagai contoh Ducati dengan tim satelitnya Pramac. Kami sudah menemukan solusi untuk memperbolehkan tim satelit berkompetisi."

Baca Juga : Casey Stoner Marahi Valentino Rossi karena Tak Hormat Saat Minta Maaf

"MotoGP adalah balapan motor terbaik di dunia karena membawa para pembalap terbaik bersama. Tujuan kami menyediakan mereka struktur yang menjamin mereka menunjukkan bakatnya," kata dia.