Hasil Sidang Banding MotoGP - FIM Legalkan Winglet Milik Ducati

By Agung Kurniawan - Rabu, 27 Maret 2019 | 09:39 WIB
Winglet Ducati yang memicu polemik pasca MotoGP Qatar

BOLASPORT.COM - Federasi Motor Internasional (FIM) resmi menyatakan bahwa winglet milik Ducati merupakan perangkat yang legal alias tidak melanggar aturan.

Perdebatan panjang terkait legalitas winglet yang terpasang di motor tiga pembalap Ducati yakni Andrea Dovizioso, Danio Petrucci, dan Jack Miller berakhir pada Selasa (26/3/2019) waktu setempat.

Selain menyebut perangkat aerodinamika milik Ducati legal, sidang banding FIM juga telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada perubahan terhadap hasil balapan pada seri perdana MotoGP 2019 yang digelar di Qatar.

"Permintaan untuk menyatakan oerangkat (Milik Ducati) ilegal dan melarang penggunaannya pada balapan di masa depan ditolak. Hasil perlombaan sementara telah dikonfirmasi dan dinyatakan sebagai hasil final," demikian penyataan resmi FIM yang dilansir BolaSport.com dari laman MotoGP.

Baca Juga : Dapat Pelukan Erat dari Fan Wanita, Mohamed Salah Diomeli Mamanya

Setelah hasil putusan itu, keempat tim penggugat yakni Honda, Aprilia, KTM, dan Suzuki masih diberikan kesempatan untuk mengajukan banding kembali tidak lebih dari lima hari usai hasil tersebut keluar.

"Banding terhadap keputusan ini dapat diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) di Lausanne, Swiss, dalam waktu lima hari sesuai dengan Pasal 3.9 Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM 2019," demikian pernyataan resmi FIM.

Dengan hasil putusan tersebut, penggunaan winglet Ducati pada seri-seri MotoGP berikutnya musim ini dipastikan akan tetap terjadi.