PP PBSI Mungkin Juga Batalkan Partisipasi pada Kejuaraan Asia 2020

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 28 Januari 2020 | 07:50 WIB
Berita bulu tangkis internasional. (ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Merebaknya virus Corona yang telah memakan korban jiwa dan menyebar ke beberapa negara membuat Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengambil langkah preventif.

Selain mengonfirmasi perihal pembatalan pengiriman pemain ke turnamen Lingshui China Masters 2020 pada 25 Februari-1 Maret mendatang, PP PBSI kemungkinan besar juga akan mengurungkan partisipasi pada Kejuaraan Asia 2020.

Sebab, meski menjadi ladang poin terakhir untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, kejuaraan tersebut akan berlangsung di Wuhan, China, kota yang menjadi titik awal penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Daftar Akhir Pekan Kebut-kebutan, Saat Balapan MotoGP dan F1 Digelar Berbarengan

Saat ini, Wuhan sudah diisolasi oleh pemerintah China untuk menghentikan penyebaran virus memastikan tersebut.

Terkait dengan fakta itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti mengatakan, ada peluang Kejuaraan Asia 2020 akan dipindahkan ke negara lain.

"Sepertinya ke Wuhan (Kejuaraan Asia 2020) juga akan dibatalkan, belum ada keputusan, tetapi kemungkinan besar akan batal berangkat," tutur Susy, dilansir BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

"Namun, rasanya akan dipindahkan turnamennya ke negara lain karena sangat berisiko, apalagi tempatnya tepat di Wuhan," kata Susy lagi.

Sementara itu, untuk partisipasi ke Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Manila, Filipina, pada 11-16 Februari mendatang, PP PBSI memastikan akan tampil sesuai jadwal.