Nasib Turnamen Penutup Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 Masih Terlunta

By Wila Wildayanti - Kamis, 6 Februari 2020 | 22:40 WIB
Sekertaris Jendral PBSI, Achmad Budiharto setelah menyambut Menpora di Pelatnas PBSI, Kamis (6/2/2020). (BOLASPORT-Wila Wildayanti)

BOLASPORT - Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan bahwa Konfederasi Bulutangkis Asia (Badminton Asia Confederation/BAC) hingga saat ini masih mencari tuan rumah untuk Kejuaraan Asia 2020.

Kejuaraan Asia 2020 di Wuhan, China, yang akan jadi turnamen penutup perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 akan dipindah penyelenggaraannya.

Pemindahan tersebut terkait dengan wabah Coronavirus yang ditemukan pertama kali di Wuhan.

Ancaman virus corona pun membuat Lingshui China Masters 2020 dibatalkan, sementara Kejuaraan Asia 2020 pada 21-26 April mendatang akan dipindahkan.

Baca Juga: Kejuaraan Beregu Asia 2020 - Thailand Tanpa Intanon, Gregoria Mariska Tunjung Tetap Waspada

Budiharto mengatakan, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari BAC seputar rencana pemindahan tersebut.

Namun, BAC dipastikan sedang mencari tuan rumah baru untuk Kejuaraan Asia 2020.

"Masalah Wuhan itu masih urusannya Badminton Asia (BAC), saat ini mereka sedang mencari tuan rumah, bisa saja nanti di Manila, Malaysia, atau mungkin di Jepang. Kami belum tahu negara mana yang bersedia," kata Budiharto, di pelatnas PBSI Cipayung, Kamis (6/2/2020).

"Namun, kalau sudah begini, biasanya langsung penunjukkan negara mana yang mau. Apalagi kalau ada negara yang buru-buru mau itu kan butuh persiapan panjang ya," ucap Budiharto.