Capek-capek Bikin Inovasi, Mercedes Terancam Cuma Pakai Terobosan Baru Selama Semusim

By Agung Kurniawan - Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:24 WIB
Lewis Hamilton (Mercedes) saat tampil dalam salah satu sesi FI GP Hungaria 2019 yang digelar di Hungaroring, Sabtu (3/8/2019). (TWITTER.COM/MERCEDESAMGF1)

BOLASPORT.COM - Mercedes sanggup mencuri perhatian setelah inovasi baru yang diperlihatkannya saat tes pramusim F1 2020 menjadi bahan pembicaraan.

Mercedes menurunkan pembalap andalannya, Lewis Hamilton, saat melakoni hari kedua tes pramusim F1 2020 di Sirkuit Catalunya, Kamis (20/2/2020).

Meskipun sang juara bertahan belum mampu mencetak waktu lap tercepat, decak kagum tetap didapat Mercedes karena inovasi baru pada mobil W11 yang dia kendarai.

Tayangan video dari kamera di atas cockpit menunjukkan adanya sistem baru bernama Dual Axis Steering (DAS) yang tengah dikembangkan pabrikan asal Jerman itu.

Baca Juga: Kehebatan Valentino Rossi Pernah Tidak Diakui Ayahnya meski Sudah Jadi Juara Dunia

DAS merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan kolom setir untuk mengatur toe (perbedaan jarak antara ujung depan dan belakang) roda depan.

Dalam video tersebut, ujung roda depan Mercedes sedikit masuk ke dalam setiap kali Lewis Hamilton menarik setir mobilnya.

Pengaturan toe akan mempunyai dampak untuk tiga aspek yaitu kecepatan trek lurus, respon ketika menikung, dan degradasi ban.

Sistem tersebut menjadi kontroversi setelah tim F1 lainnya menilai DAS adalah perangkat ilegal dalam regulasi menurut otoritas ajang balap mobil dunia (FIA).