Anak-Anak Inggris 'Diharamkan' Menyundul Bola

By Ade Jayadireja - Selasa, 25 Februari 2020 | 18:15 WIB
Proses terjadinya gol sundulan Virgil van Dijk ke gawang Manchester United pada laga pekan ke-23 Liga Inggris, Minggu (19/1/2020). (TWITTER.COM/A55KIKR)

BOLASPORT.COM - Tiga negara di Britania Raya 'mengharamkan' anak-anak untuk menggunakan kepala dalam berlatih sepak bola. Mengapa demikian?

Asosiasi sepak bola Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia menerapkan peraturan baru untuk siswa atau siswi Sekolah Dasar sampai menengah.

Mereka melarang menu latihan menyundul bola bagi kategori U-12 hingga U-16.

Namun, menyundul bola tetap diperbolehkan saat bertanding, asalkan dengan jumlah terbatas.

Kebijakan tersebut diterapkan setelah munculnya hasil studi dari FIELD yang menunjukkan bahwa mantan pemain tiga kali lebih berpotensi meninggal dunia karena neurodegeneratif atau gangguan otak.

Baca Juga: Link Live Streaming Svay Rieng FC Vs Bali United di Piala AFC 2020

"Kebijakan baru ini merupakan evolusi dari pedoman yang sudah ada sebelumnnya," kata Mark Bullingham selaku CEO Federasi Sepak Bola Inggris (FA), seperti dikutip BolaSport.com dari Dailymail.

"Hal ini akan membantu pelatih dan guru untuk mengurangi serta menghapus aktivitas menyundul bola yang tidak diperlukan untuk kaum muda," ujar Bullingham menambahkan.

Peraturan anyar soal menyundul bola juga mendapat tanggapan dari Alzheimer Research UK, sebuah badan penelitian demensia di Inggris.