Indonesia Siap Gelar L’Etape Indonesia by Tour de France Edisi Perdana

By Wila Wildayanti - Rabu, 26 Februari 2020 | 14:15 WIB
Event Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin tiga dari kiri di Press Confrence L’Etape Indonesia by Tour France, di Hotel Jambiluwuk, Jakarta, Rabu (26/2/2029). (WILA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tour de France A.S.A (Amaury Sport Organization) siap menggelar untuk pertama kalinya L’Etape Indonesia by Tour de France untuk para pencinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia.

Balap sepeda bertaraf Internasional yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca ini untuk pertama kalinya digelar di Indonesia.

Tepatnya di area Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 5 April 2020.

Ajang balap sepeda Tour de France tahun 2020 ini pun akan diselenggarakan sebanyak dua kali di 13 negara di antaranya Kolombia, Swiss, Amerika Serikat, Meksiko, China, Australia, Thailand, dan Indonesia.

Baca Juga: Sejak Datang ke Ducati, Jorge Lorenzo Dinilai Tak Pernah Kompetitif

“Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggenar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara baik dari lokal maupun internasional,” kata Zacky Badrudin, Event Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France. 

“Sudah ada 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini, jadi kami mencoba menghadirkan untuk para pehobi dan komunitas sepeda di Indonesia," ucap Zacky lagi. 

L’Etape Indonesia by Tour de France menjanjikan sensasi balap sepeda ala Tour de France dengan memulai dari inagurasi jawara tanjakan King of Mountain dengan polka dot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint dan pemenang lomba secara umum akan mendapatkan jersey kuning, serta jersey putih untuk pemenang youth category.

Secara umum, L’Etape Indonesia by Tour de France akan menawarkan dua kategori lomba, 135 km dan 80 km.

“Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati sport tourism yang sedang happening di Indonesia,” ucap Zacky.

Dengan diadakannya L’Etape Indonesia by Tour de France di area Kuta Mandalika Lombok sendiri diharapkan mampu meningkatkan kawasan ekonomi khusus pariwisata.

“Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh Provinsi Nusa Tengara Barat. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional,” kata Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Deontay Wilder Paparkan Teori Konspirasi Kekalahan dari Tyson Fury

Tak hanya itu, dukungan penuh pun diberikan oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Penyelenggraaan L’Etape Indonesia by Tour de France ini diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat kepada sepeda.

“Tentu dengan adanya ini ISSI berharap dari event-event amatir ini akan bisa lahir pembalap-pebalap sepeda masa depan Indonesia,” tutur Ketua Harian ISSI, Bagus Hermanto.

L’Etape Indonesia by Tour de France adalah rangkaian acara bersepeda amatir yang dirancang untuk merasakan euforia balap sepeda legendaris Tour de France.

Acara ini pun sangat ditunggu-tunggu pesepeda amatir karena memberikan pengalaman yang unik dengan standar keamanan tinggi dan suasana penuh semangat dengan rute perlombaan sepeda dunia.

Baca Juga: Kedodoran pada Pramusim, Honda Dinilai Belum Siap Hadapi MotoGP 2020

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hasil Drawing Wakil Indonesia German Open 2020 #germanopen2020 #germanopen #hasildrawing #bolasport #bolastylo #sportfeat #superballid #gridnetwork

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on