Kisah Menpora Sempat Berbincang Lebih dari 1 Jam dengan Bob Hasan Usai 3 Hari Dilantik Jadi Menteri

By Delia Mustikasari - Selasa, 31 Maret 2020 | 16:44 WIB
Menti Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat menemui beberapa wartawan, di Kantor Kemenpora, Jumat (21/2/2020). (WILA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI)  Mohammad "Bob" Hasan meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sebelum wafat dalam usia 89 tahun, Bob Hasan sudah menjalani perawatan intensif untuk melawan penyakit kanker yang dia idap.

Bob Hasan merupakan sosok yang cukup berpengaruh dalam perkembangan atletik Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Karena itu, dia menjadi salah satu sumber rujukan sejumlah pejabat untuk mengetahui lebih dalam tentang cabang olahraga tersebut. Salah satunya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun.Pertama, tentu kami sangat berduka cita atas berpulangnya Bapak Mohammad Bob Hasan. Sebulan yang lalu saat beliau masih berobat di Thailand, saya sempat ngbrol melalui telepon dengan beliau," kata Zainudin kepada media.

"Jasa beliau untuk olahraga di Indonesia sangat luar, biasa khususnya pada cabor atletik. Setelah 3 hari dilantik menjadi Menpora, saya mendatangi pelatnas atletik yang sedang melakukan persiapan untuk SEA Games 2019 di Filipina," ucap Zainudin.

"Disitu saya berbincang lama (lebih dari 1 jam) dengan pak Bob. Beliau bercerita panjang lebar tentang suka duka mengurus cabor khususnya atletik. Kesan saya ketika itu bahwa hebat orangtua ini sudah sepuh seperti itu masih mau setiap hari di lapangan Madya, Senayan."

Baca Juga: Cita-cita Mulia Bob Hasan Sebelum Meninggal: Tidak Ingin Atlet Melarat

"Dia menemani pelatih, atlet, dan pengurus cabor. Kalau bukan panggilan jiwa beliau dan dedikasi yang luar biasa untuk olahraga, tidak mungkin beliau ada di lapangan," tutur Zainudin.