Pembalap dan Kru F1 Akan Dites Covid-19 Dua Hari Sekali Saat Balapan

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 5 Mei 2020 | 16:40 WIB
Hukuman yang didapat pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (kiri), membuat pembalap Ferrari, Charles Leclerc (kanan), menjadi pole sitter seri balap F1 GP Meksiko. (TWITTER.COM/SKYSPORTSF1)

BOLASPORT.COM - Para kru Formula 1 akan menjalani tes covid-19 atau virus corona setiap 48 jam saat kompetisi musim 2020 kembali berjalan.

Formula 1 (F1) musim 2020 direncanakan akan dimulai pada 5 Juli mendatang di Austria setelah 10 balapan awal ditunda karena pandemi virus corona.

Dikutip BolaSport.com dari Crash, jika balapan berlangsung sesuai rencana, penyelenggara F1 akan melakukan sejumlah kebijakan demi mencegah penyebaran virus tersebut.

Salah satunya ialah membatasi jumlah personel tim di paddock.

Baca Juga: Mantan Bos F1 Sebut Vettel Lebih Bahagia di Red Bull Ketimbang Ferarri

"Kami bekerja sama dengan FIA yang menyusun sejumlah aturan yang dibutuhkan F1," kata Ross Brawn, managing director F1.

"Setiap orang yang masuk akan dites dan harus dinyatakan bebas virus. Mereka juga akan dites setiap dua hari sekali selama berada di paddock," ujar Brawn melanjutkan.

Eks direktur teknik Ferrari tersebut juga memastikan kehadiran petugas kesehatan agar kebijakan tersebut bisa terlaksana di semua seri balapan di Eropa.

"Akan ada petugas kesehatan di semua balapan, dan F1 akan menggunakan fasilitas yang sama untuk melakukan tes," tutur Brawn lagi.

Baca Juga: Lewis Hamilton Kritik Ada Batas 'Si Kaya' dan Si Miskin pada Formula 1