VIDEO - Menangi GP Indonesia, Valentino Rossi Naik Podium dengan Kepala Diperban

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 23 Mei 2020 | 19:58 WIB
Valentino Rossi ketika merayakan kemenangannya dalam balapan GP125 Indonesia di Sirkuit Sentul, 28 September 1997. (YOUTUBE)

BOLASPORT.COM - Selebrasi kemenangan yang nyeleneh menjadi salah satu ciri khas Valentino Rossi. Dia pun pernah melakukannya ketika memenangi GP Indonesia.

Indonesia pernah mencetak sejarah dengan menjadi salah satu negara di Asia yang sanggup menjadi tuan rumah balapan MotoGP.

MotoGP Indonesia untuk kali pertama digelar pada 1996. GP Indonesia kembali masuk kalender MotoGP pada 1997 sebelum hilang pada 1998 akibat krisis moneter.

GP Indonesia merupakan salah satu seri balap yang telah dimenangi Valentino Rossi sepanjang 24 tahun kariernya di ajang MotoGP.

Baca Juga: Berkah Tersamarkan bagi Valentino Rossi dari Pandemi Covid-19

Kebetulan, debut Rossi di MotoGP pada 1996 bertepatan dengan masuknya Indonesia untuk kali pertama ke kalender kejuaraan dunia balap motor tersebut.

Penampilan perdana Rossi di Sirkuit Sentul tidak berjalan mulus. Start dari posisi ke-18, pembalap asal Tavullia itu harus puas finis di posisi ke-11.

Rossi baru bisa menaklukkan sirkuit yang terletak di Bogor tersebut pada tahun berikutnya, tepatnya pada hari Minggu tanggal 28 September 1997.

Memulai balapan dari posisi keempat, pembalap tim Aprilia itu sanggup mengambil alih posisi terdepan hingga akhirnya finis dengan keunggulan jauh yaitu 3 detik.

Baca Juga: Legenda MotoGP Ajak Damai, Jorge Lorenzo: Tarik Dulu Ucapanmu!