Rancangan Protokol Kesehatan COVID-19 Sudah Disusun PSSI, Sinyal Liga 1 Lanjut?

By Abdul Rohman - Rabu, 3 Juni 2020 | 16:15 WIB
Logo PSSI.

BOLASPORT-COM - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah menyiapkan terkait pedoman protokol kesehatan COVID-19 yang akan diterapkan apabila kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali bergulir.

Protokol kesehatan COVID-19 yang ketat diterapkan PSSI demi menghindari para pemain, pelatih saat melangsungkan pertandingan Liga 1.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi melalui video yang diterima BolaSport.com, Rabu (3/6/2020).

Yunus Nusi mengatakan, PSSI akan mengadopsi beberapa arahan yang diinstruksikan oleh FIFA, Kementerian Kesehatan dan Kemenpora terkait protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: On This Day - 3 Juni 2017, Kala Real Madrid Sukses Raih Gelar ke-12 Liga Champions

"Hal juga menyangkut teknis protokol kesehatan COVID-19. Kami sudah punya protokol kesehatan yang mengadposi arahan dari FIFA, kemudian ada juga dari Kementerian kesehatan, Kemenpora," kata Yunus Nusi dalam video yang diterima BolaSport.com.

Yunus Nusi menambah, PSSI sudah merancang susunan protokol kesehatan COVID-19 untuk keberlangsungan kompetisi ataupun TC timnas Indonesia.

PSSI juga siap membagikan protokol kesehatan COVID-19 kepada beberapa pihak terkait.

"Tentang protokol kesehatan PSSI sudah punya, sudah dibukukan dan itu akan dibagikan kepada klub, suporter dan juga termasuk protokol kesehatan untuk timnas," kata pria asal Gorontalo.

Baca Juga: Tim Kamaru Usaman Tak Anggap Jorge Masvidal sebagai Ancaman Nyata

PSSI berencana akan segera melakukan rapat dengan anggota Exco untuk membuat keputusan terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2.

Selain itu, PSSI juga akan memberikan jalan terbaik bagi pemain, pelatih terkait kontrak dengan klub.

"Mungkin secepatnya, besok PSSI akan mengambil keputusan, berikut juga tentang menyangkut persoalan gaji pemain, pelatih dan hak kewajiban antara klub dengan pemain," kata Yunus Nusi.

Baca Juga: Jika Jadi ke Thailand, Febri Hariyadi Harus Siap Digaji Kecil

"Insyallah akan diputuskan PSSI dalam rapat Exco PSSI yang secepatnya akan dilaksanakan," tambah Yunus Nusi.

Sebelumnya, PSSI kembali menggelar rapat dengan peserta Liga 1 dan Liga 2 guna membahas kelanjutan kompetisi, Selasa (2/6/2020).

Ada beberapa opsi yang muncul dalam rapat PSSI dengan peserta Liga 1, seperti kompetisi kembali lanjut pada Oktober atau September, Pulau Jawa jadi venue pertandingan hingga penambahan subsidi klub.