Legenda NBA Michael Jordan Sumbang Rp 1,4 Triliun untuk Lawan Rasisme

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 6 Juni 2020 | 13:35 WIB
Legenda basket NBA, Michael Jordan, tak kuasa menahan tangis saat menyampaikan pidato singkat pada acara mengenang Kobe Bryant dan sang putri, Gianna, di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (24/2/2020). (THE GUARDIAN)

BOLASPORT.COM - Legenda basket NBA Michael Jordan dan merek dagang miliknya, Jordan Brand, akan menyumbang dana uang tunai sebesar 100 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun untuk melawan isu rasisme.

Dikutip BolaSport.com dari Eurosport, Michael Jordan bakal menggelontorkan donasi tersebut selama 10 tahun ke depan kepada organisasi yang memperjuangkan kesetaraan ras.

Pernyataan ini muncul menyusul gelombang aksi protes yang terus terjadi negara Amerika Serikat (AS) setelah George Floyd, seorang warga kulit hitam tanpa senjata, tewas di tangan polisi kulit putih di Minneapolis, Minnesota, 25 Mei 2020.

Kasus kekerasan polisi terhadap George Floyd bukan yang pertama kali terjadi di kalangan warga keturunan Afro-Amerika di Negeri Paman Sam.

Sebaliknya, kasus-kasus serupa sudah terjadi sejak lama dan bahkan hal ini diyakini telah menjadi sebuah sistem represif tersendiri terhadap warga keturunan Afro-Amerika.

Baca Juga: Mantan Pelatih Ungkap Tantangan Terbesar Bekerja dengan Mike Tyson

"Kehidupan orang kulit hitam penting (Black lives matter). Ini bukan sebuah pernyataan kontroversial," demikian pernyataan Michael Jordan dan Jordan Brand.

"Sampai rasisme, yang mendarah daging, yang memungkinkan institusi negara kita (AS) mengalami kegagalan, sepenuhnya diberantas, kami akan tetap berkomitmen untuk melindungi dan meningkatkan kehidupan orang kulit hitam," tulis Jordan lagi.

Michael Jordan adalah salah satu pebasket Afro-Amerika paling sukses di NBA.

Dia merupakan sosok ikonik di balik terbentuknya dinasti Chicago Bulls pada era 90-an.