Komite Olimpiade Indonesia Minta Saran Cabor untuk Protokol Kesehatan

By Muhamad Husein - Senin, 8 Juni 2020 | 16:50 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari (tengah). (Muhamad Husein )

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (National Olympic Comitte of Indonesia/NOC Indonesia) meminta saran kepada para cabang olahraga (cabor) dalam membuat protokol kesehatan.

Protokol kesehatan dimaksudkan untuk menghadapi new normal dari kondisi pandemi Covid 19 untuk bidang olahraga.

Dalam prosesnya, setiap cabor diminta untuk merujuk pada aturan federasi internasional yang kemudian bisa disesuaikan penerapannya di Indonesia. 

Setelah membuat protokol, setiap cabor akan menyerahkan kepada Komite Olimpiade Indonesia untuk disusun, lalu dikembalikan lagi kepada cabor untuk disepakati bersama. 

Baca Juga: Ismed Sofyan Kenang Momen Kalahkan Legenda Manchester United

NOC Indonesia juga akan memberikan protokol kepada pemerintah untuk ditetapkan sebagai acuan resmi yang sah bagi para atlet dan pihak terkait khususnya dalam bidang olahraga. 

Protokol nanti juga ditegaskan bukan hanya berlaku dari segi latihan saja, tapi berlaku dalam hal tata kelola dan tata laksana kegiatan olahraga. 

"Kami menanyakan kepada cabor dan masukannya seperti apa, dua minggu selambat-lambatnya agar bisa memberikan masukan kepada kami NOC, baik tata laksana latihan atau venue, atau tata laksana kegiatan," kata Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Senin (8/6/2020).

"Kami minta semua cabor minta guidance dengan IF (International Federation) masing-masing," ujar Oktohari dalam Rapat Anggota Luar Biasa NOC Indonesia via daring.

Baca Juga: PBSI Sambut Baik Klarifikasi BWF tentang Pemberian Poin bagi Tim China dan Hong Kong

"Jadi sampai dua minggu kita menunggu, setelah itu kami compile. Kami kembalikan kepada cabor-cabor untuk dikaji, setelah mendapat kesepakatan dari semua, kita buat rekomendasi resmi kepada pemerintah," ucap Oktohari.

Oktohari yang baru saja seusai mengikuti Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) bersama dengan seluruh anggota cabor mengaku memang sudah mendengar beberapa masukan tentang protokol kesehatan, tetapi masih secara lisan

"Sudah ada diberikan (protokol) secara lisan, tetapi kami minta secara ofisial resmi sehingga rujukannya tidak parsial," kata Oktohari.

New normal merupakan salah satu arahan dari Presiden Joko Widodo bagi masyarakat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 selagi menunggu vaksin ditemukan.

Dari masa transisi ini, Komite Olimpiade Nasional beserta Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia, Kementerian Kesehatan, serta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membuat protokol kesehatan khusus bidang olahraga.

Baca Juga: Ismed Sofyan Kenang Momen Kalahkan Legenda Manchester United