Jadwal MotoGP 2020 - Hadirnya 5 Balapan Baru, Termasuk 1 Seri yang Dulu Hilang

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 12 Juni 2020 | 09:56 WIB
Marc Marquez (Repsol Honda/93) menjadi pemimpin lomba, diikuti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Pramac Racing) dalam balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 17 November 2019. (TWITTER.COM/CYCLEONLINE)

BOLASPORT.COM - Revisi jadwal MotoGP 2020 menghadirkan beberapa nama seri balap baru kendati pengurangan venue tak terelakkan.

Jadwal MotoGP 2020 yang baru akhirnya diumumkan secara resmi pada Kamis (11/6/2020) dengan seri pembuka akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Berbagai perubahan terlihat dalam jadwal MotoGP 2020 yang baru. Paling kentara adalah jumlah seri balap yang berkurang dari 20 menjadi 13—masih bisa bertambah.

Selain itu, pembatalan delapan seri balap dan penangguhan empat seri lainnya memaksa MotoGP untuk memaksimalkan sirkuit yang tersedia.

Baca Juga: Rindu Balapan, Valentino Rossi Lega Jadwal MotoGP 2020 Baru Dirilis

Menggelar balapan sebanyak dua kali di sirkuit yang sama menjadi solusi yang diambil. Ada lima sirkuit yang mendapat 'kehormatan' untuk melakukannya.

Tiga sirkuit di antaranya adalah Sirkuit Jerez, Sirkuit Aragon, Sirkuit Valencia di Spanyol. Red Bull Ring di Austria dan Sirkuit Misano di Italia juga mendapat kesempatan yang sama.

Demi membedakan perlombaan di sirkuit yang sama itu, pemberian nama yang unik untuk setiap seri balap dilakukan pada ajang MotoGP 2020.

Alhasil, ada lima seri balap baru yang terlihat dalam jadwal MotoGP 2020 teranyar. Sebagian besar nama seri diambil dari wilayah tempat sirkuit tersebut berada.

Baca Juga: MotoGP Makin Kencang, Anehnya Rekor Lap Tercepat Belum Pecah Sejak Tahun 70an