Mengenal Sosok yang Mike Tyson Takuti Saat Berkarier sebagai Petinju

By Delia Mustikasari - Sabtu, 20 Juni 2020 | 06:00 WIB
Mike Tyson bersiap menghadapi Michael Spinks pada laga unifikasi gelar kelas berat, 27 Juni 1988. (SMB BOXING)

BOLASPORT.COM - Legenda tinju dunia asal Amerika Serikat, Mike Tyson, terkenal tidak memiliki rasa takut menghadapi siapa pun, baik di atas ring maupun di luar ring tinju.

Mike Tyson tumbuh sebagai sosok pemberani karena dia hidup di tengah keluarga miskin dan akrab dengan kekerasan.

Dalam usia 13 tahun, Mike Tyson sudah 30 kali ditangkap polisi. Namun, ada sosok yang ditakuti pemilik nama lengkap Michael Gerard Tyson.

Baca Juga: Mike Tyson Pernah 2 Kali Bangkrut dan Bertanding untuk Bayar Tagihan

Dia adalah Constantine Cus' D'Amato atau dikenal dengan Cus D'Amato yang merupakan pelatih Tyson.

D'Amato mampu menjadi figur ayah, mentor, dan pelatih tinju yang membantu Tyson menjadi petinju termuda yang pernah menjadi juara dunia kelas berat.

Karier D'Amato dimulai dari petinju amatir, tetapi kariernya terhenti karena cedera di mata yang dia derita dalam perkelahian di jalan.

Alih-alih bertinju, ia berkarier dengan mengajar orang cara bertinju. D'Amato membuka gym pertamanya pada usia 22 tahun. Dia bekerja, tinggal, dan tidur di sana.

Rocky Graziano adalah salah satu petinju sebelumnya yang bertarung di bawah pengawasan D'Amato, tetapi ia kemudian beralih menjadi pelatih.

D'Amato melatih mantan juara kelas berat, Floyd Patterson yang kemudian menjadi petinju termuda yang meraih gelar di kelas tersebut saat berusia 21 tahun.